Undang Pengawas, SMKN 1 Kismantoro adakan Workshop Kurikulum Merdeka

Seperti yang sedang santer diberitakan, bahwasanya Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Di sini, peserta didik dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya. Kurikulum Merdeka sendiri diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim sebagai bentuk dari tindakan evaluasi perbaikan Kurikulum 2013. Sebelumnya, kurikulum ini dikenal sebagai Kurikulum Prototipe, yang merupakan salah satu bagian upaya mencetak generasi penerus yang lebih kompeten dalam berbagai bidang.

Untuk mensikapi kurikulum baru ini, SMK Negeri 1 Kismantoro melalui bidang kurikulum mengundang Pengawas Cabang Dinas Wilayah VI Provinsi Jawa Tengah, Ibu Endah Darmawati, S.E, M.Pd untuk mengadakan workshop kurikulum merdeka yang dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2022 sampai dengan 2 Juni 2022 yang dilaksanakan di aula SMK Negeri 1 Kismantoro. Hadir pada kegiatan tersebut Bapak Sri Murtono, S.Pd, M.Eng, Bapak Ibu Wakil Kepala Sekolah serta Bapak Ibu Guru SMK Negeri 1 Kismantoro yang mengikuti kegiatan workshop tersebut dengan sangat antusias.

Dalam kesempatan ini, Ibu Endah mengatakan bahwasanya kebijakan pemerintah khususnya dari Kemendikbudristek kali ini bertujuan untuk menjawab tantangan pendidikan di era industri berbasis digital (industri 4.0). “Selain itu, kurikulum Merdeka ini akan memudahkan Guru dalam mendampingi peserta didiknya untuk menuju tujuan pendidikan yang diharapkan, yang sesuai dengan bakat dan minat peserta didik” imbuh Ibu Endah

Kurikulum Merdeka akan berfokus pada peserta didik yang belajar sesuai fasenya. Jadi setiap guru pun tidak akan terburu-buru dalam memberikan pembelajaran. Hal ini diharapkan akan membawa dampak positif kepada peserta didik karena apa yang dibutuhkan peserta didik dapat dipenuhi oleh guru melalui pembelajaran.

One Reply to “Undang Pengawas, SMKN 1 Kismantoro adakan Workshop Kurikulum Merdeka”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *