SMKN 1 Kismantoro melaksanakan pemantapan kepada Siswa Kelas XI pada Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

SMKN 1 Kismantoro melaksanakan pemantapan kepada Siswa Kelas XI pada Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

SMK Negeri 1 Kismantoro melalui bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS) mengadakan koordinasi pemantapan dengan siswa kelas XI pada hari Jumat, 28 Januari 2022. Acara pemantapan tersebut dilaksanakan di gedung aula SMK Negeri 1 Kismantoro dengan tujuan untuk koordinasi terakhir pada kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2022 sampai dengan 30 April 2022. Acara tersebut diawali dengan pembukaan oleh Bapak Wahyu Andi Nugraha, S.Pd selaku ketua panitia kegiatan PKL dan dilanjutkan dengan motivasi dari masing-masing ketua program keahlian. Dan pada acara yang terakhir dilakukan pembagian administrasi oleh Bapak Tabu Kafaro Ning, S.Pd selaku sekretaris kegiatan PKL. Adapun administrasi tersebut adalah buku petunjuk teknis PKL, buku agenda harian, dan buku absensi yang harus dilengkapi siswa guna menunjang berjalannya kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada tahun pelajaran 2021/2022 ini.

Acara tersebut diikuti oleh semua siswa kelas XI baik dari Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Pengelasan (TP) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) sendiri merupakan agenda rutin tahunan yang sudah diprogramkan oleh lini kerja bidang Hubungan Masyarakat.

Adapun beberapa manfaat diadakannya kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) bagi siswa adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengenalkan siswa pada lingkungan kerja di dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja. Dengan begitu, ketika mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya, diharapkan mereka tidak canggung dan dapat beradaptasi dengan cepat.
  2. Untuk menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan tentang dunia usaha serta industri yang professional. Pengetahuan dan keterampilan ini akan menjadi modal yang bermanfaat bagi siswa ketika mereka terjun ke dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja.
  3. Untuk membentuk pola pikir siswa agar terkonstruktif secara baik serta memberikan pengalaman dalam dunia industri maupun dunia kerja. Pengalaman akan sangat dibutuhkan ketika seseorang mulai terjun ke dunia kerja. Dan pengalaman tersebut bisa didapatkan oleh para siswa dengan mengikuti kegiatan PKL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *