Datangkan Dudika, SMKN 1 Kismantoro Gelar Projek P5 Dengan Tema Kebekerjaan

Pada hari Senin, 19 Februari 2024 sampai dengan Jumat, 23 Februari 2024, SMK Negeri 1 Kismantoro mengadakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dilaksanakan di aula SMK Negeri 1 Kismantoro. Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kali ini bertemakan Kebekerjaan dan Pembekalan PKL “Kembangkan Kompetensi Untuk Menggapai Peluang Dunia Kerja” yang diikuti oleh semua siswa kelas XI dari program keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), Teknik Otomotif (TO) dan Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam (TPFL). Hadir pada kegiatan tersebut adalah Bapak Sri Murtono S. Pd, M. Eng selaku kepala sekolah, Ibu Nita Purwaningsih selaku Waka kurikulum, Ibu Aninditya selaku koordinator kegatan P5, bapak ibu fasilitator kegiatan P5 beserta tamu undangan dari beberapa DUDIKA yang sudah bekerjasam dengan SMK Negeri 1 Kismantoro, yaitu Ibu Rena dari SLC Computindo Ponorogo, Bapak Sukandar dari Young Motor Wonogiri dan Bapak Anwar dari Multazam Las Kismantoro.

“Pada kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kali ini kami mengambil tema Keberjaan, diharapkan agar siswa kami nantinya yang akan melaksanakan PKL dapat mempersiapkan diri baik secara hardskill maupun softskill yang akan mereka gunakan untuk PKL dan menghadapi tantangan dunia kerja maupun dunia industri selepas lulus dari sekolah ditengah gepuran era 4.0 sekarang ini dimana tenaga kerja manusia sudah banyak tergantikan dengan mesin maupun Artificial Intelligence (AI). Disini kami bekerjasama dengan tim Dudika diantaranya SLC Computindo Ponorogo yang kami peruntukan untuk membekali siswa TJKT, Young Motor Wonogiri untuk membekali siswa TO dan Multazam Las Kismantoro untuk membekali siswa TPFL” ujar Ibu Nita Purwaningsih selaku Waka Kurikulum.

Adapun untuk kegiatan hari pertama dan kedua (19-20 Februari 2024) adalah kegiatan materi sosialisai dan motivasi dari dudika yang dilaksanakan di aula SMK Negeri 1 Kismantoro dan untuk hari ketiga dan keempat (21-22 Februari 2024) adalah untuk kegiatan kunjungan industri ke masing-masing Dudika dan di hari kelima (23 Februari 2024) digunakan untuk penulisan laporan kunjungan industri.

“Kami selalu Dudika merasa sangat senang dan bangga bisa memberikan ilmu yang kami punyai untuk siswa dari SMKN 1 Kismantoro, kami berharap bekal yang kami berikan kepada mereka dapat bermanfaat untuk bisa lebih memotivasi mereka agar menjadi siswa yang berkompeten dibidangnya masing-masih, dalam hal ini khususnya bidang otomotif” terang Bapak Sukandar disela kunjungan industri siswa di bengkel resmi Yamaha Purwantoro, Wonogiri mewakili Dudika yang sudah bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Kismantoro selama ini.

Adapun tujuan utama dari kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini adalah untuk lebih mengenalkan siswa kepada siswa untuk lebih memahami ruang lingkup dan karakteristik Dudika yang sesuai dengan program keahliannya masing-masing.

“Dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertemakan Kebekerjaan ini saya mengharapkan agar siswa dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang dunia kerja. Selain itu mereka juga dapat mengembangkan minat dan bakat mereka sesuai dengan bidang keahlian yang sudah mereka pilih di sekolah ini untuk bekal mereka kelak.” imbuh Bapak Sri Murtono selaku Kepala SMKN 1 Kismantoro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *